siapakah artis korea favoritemu?

lee min ho :)

lee min ho :)

Pages

Selasa, 15 Mei 2012

BUDAYA BERPAKAIAN

 Budaya asing yang masuk ke Indonesia memberikan dampak positif dan negative dalam hal budaya berpakaian. Seperti yang kita ketahui sejak zaman dahulu Indonesia terkenal dengan budaya berpakaiannya yang sopan. Zaman dahulu orang Indonesia tidak mengikuti gaya berpakaian orang barat. Malah mereka memakai baju kebaya yang sebenarnya sangat repot apabila dipakai.
Tapi buat orang zaman dahulu baju seperti itu menurut mereka yang sangat bagus, mereka tidak suka apabila ada orang yang memakai baju terbuka. Lain halnya dengan zaman sekarang, semakin canggih teknologi semakin maju pula globalisasi maka semakin juga orang orang meninggalkan budaya berpakaian kebaya. Mereka lebih memilih gaya berpakaian barat yang agak terbuka.
Sebenarnya tidak salah kalo kita mengikuti pakaian bangsa barat, tapi sebaiknya kita bisa memilih mana baju yang pantas dipakai dan mana yang tidak. Jangan sampai membawa pengaruh buruk bagi kita terutama bagi bangsa. Baju boleh yang terbuka tapi setidaknya dalam batas wajar dan tidak terlalu seronok sehingga membuat risih orang yang melihatnya.
Dampak positif memang ada, misalnya saja tidak mungkin setiap hari kita memakai baju kebaya yang memang dibutuhkan waktu untuk memakainya. Apalagi kalo dipakai di waktu yang kita harus pergi buru buru, menurut saya itu tidak efisien. Tp bukan berarti kita harus memakai baju yang semabarangan (seronok)
Banyak orang orang zaman sekarang memakai baju yang dipakai budaya barat, yang terbuka sana sini. Menurut mereka itu adalah salah satu model pada masa yang modern ini, menurut mereka tidak pakai baju seperti itu adalah kampungan dan tidak modern. Padahal menurut saya semua baju sama saja tergantung bagaimana orang itu memakainya, apakah dia nyaman atau tidak.



Makanya kebanyakan orang sekarang membeli baju yang bagus, yang import dari luar negri hanya karna tidak mau dibilang ketinggalan jaman. Akibatnya banyak juga baju yang dibuat oleh pengrajin Indonesia menjadi turun dan semakin sedikit peminatnya. Mereka lebih suka memakai baju buatan luar negri.
Dampak negative apabila kita mengikuti gaya berpakaian budaya barat adalah :
·        Semakin hilangnya budaya kesopanan kita dalam berpakaian, apalagi kita dari dulu sangat sopan dalam berpakaian.
·        Hasil penjualan baju buatan local pun menjadi menurun drastis karna menurunnya peminat baju local, mereka lebih memilih baju import
·        Semakin banyaknya kriminalitas, contohnya apabila kita memakai baju yang tidak sopan atau terlalu terbuka. Itu mungkin akan membuat orang semakin berpikiran kotor dan melakukan tindak kejahatan.

Ada juga beberapa orang yang masih menggunakan baju yang sopan seperti kebaya di Indonesia ini. Contohnya di keraton Jogjakarta, para perempuannya sampai sekarang masih memakai baju kebaya, mereka tidak diperbolehkan memakai baju yg terbuka. Walaupun bajunya susah dipakai tapi itu merupakan bentuk salah satu kesopanan dalam hal berpakaian.
Jadi sebagai warga Negara Indonesia yang baik, sebaiknya kia tetap melestarikan budaya berpakaian yang sopan. Tidak harus memakai kebaya, tapi setidaknya kita bisa menutu aurat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More