siapakah artis korea favoritemu?

lee min ho :)

lee min ho :)

Pages

Selasa, 15 Mei 2012

BUDAYA BERBICARA


Budaya berbicara adalah salah satu bentuk kesopanan dan tata krama manusia, khususnya di Indonesia yang menganut budaya timur yang sangat kental dengan kesopanannya. Tapi belakangan ini semakin majunya teknologi dan globalisasi manusia sudah tidak menerapkan lagi budaya kesopanan dalam berbicara terutama di Negara Indonesia. Banyak sekarang orang orang yang berbicara kasar, bukan hanya kalangan orang dewasa tapi sekarang anak kecil pun sudah mengerti dan sudah mulai berbicara kata kata kasar. Entah dari siapa mereka diajarkan seperti itu. Tapi factor itu semua mungkin didasari oleh factor lingkungan.
 Misalkan saja ada seseorang yang bermain dengan orang orang yang sudah biasa berbicara bahasa kotor, jadi lama kelamaan orang itu pun akan terbiasa berbahasa itu. Sebaiknya anak anak di usia kecil jangan diajari untuk berbicara kasar, karna itu tidak baik untuk psikologis mereka. Mereka akan terbiasa berbicara seperti itu sampai mereka dewasa. Seharusnya para orang tua menjaga anak anak mereka supaya bergaul dengan orang orang yang tidak terbiasa berbicara kasar.
Sebagai Negara yang menganut budaya timur sebaiknya kita tetap melestarikan budaya sopan santun agar budaya kita tidak dapat rusak dengan hal hal seperti itu.

Beberapa factor penyebab hilangnya budaya berbicara sopan di Indonesia :

·        Factor lingkungan
   Seperti yang saya katakan tadi, factor utama seseorang berbicara kasar adalah factor lingkungan, misalkan saja seseorang berteman dengan orang yang salah atau orang yang sudah terbiasa berbicara kasar, maka lama kelamaan orang itu pun akan berbicara kasar pula.



·        Factor pendidikan
Factor pendidikan juga berpengaruh pada budaya berbicara, pendidikan yang kurang pada anak anak menyebabkan mereka tidak tahu mana kata kata yang pantas diucapkan dan mana yang tidak.
·        Factor perhatian
Ada beberapa ini di dunia ini kurang mendpat perhatian dari orang tua, dan biasanya anak anak ini mulai mencoba hal hal yg baru. Misalkan saja berbicara kotor mengikuti teman temannya hanya untuk mendapat perhatian mereka.

Itulah beberapa factor yang menjadi penyebab hilangnya budaya berbicara sopan di Indonesia, menurut saya budaya berbicara yang sopan harus tetap dilaksanakan karna itu merupakan wujud rasa sopan kita terhadap orang yang ada disekitar kita. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More